Nama : Ardhi Martian
NPM : 1A111193
Kelas : 2KA23 / ALH11
Hal :Tugas 2 Teori Organisasi Umum 1
Ciri - ciri, Unsur dan Teori Organisasi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Organisasi
merupakan sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan serta visi dan misi yang
sama kemudian ingin mewujudkan dengan cara yang efisien. Dalam hal ini,
organisasi menjadi suatu tempat dimana banyak orang memberikan apresiasi dalam
bidang yang ingin mereka geluti namun tidak mereka dapatkan dalam kegiatan
rutin dan formal yang mereka jalani.
Dalam
membentuk suatu organisasi, ada baiknya pemahaman tentang organisasi harus
ditingkatkan, sehingga semua anggota mampu memahami tujuan dan prinsip dari
organisasi.
Untuk
meningkatkan pemahaman tentang organisasi, maka haruslah mengetahui tentang
ciri-ciri sebuah organisasi, unsur yang harus ada untuk membentuk organisasi,
serta teori dasar organisasi.
1.2
Tujuan
Tujuan
pembentukan makalah ini adalah :
1. Menenal
ciri-ciri dari sebuah organisasi
2. Mengetahui
unsur-unsur yang harus ada dalam membentuk sebuah organisasi
3. Menyelesaikan
tugas mata kuliah ini
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Ciri
– ciri Organisasi
Ada
kalanya, pembentukan sebuah organisasi memerlukan sebuah pemahan baru tentang
bagaimana sebuah perkumpulan dapat dikatakan sebuah organisasi. Maka di
perlukanlah pengetahuan tentang beberapa ciri-ciri organisasi yang lebih
modern.
Ciri-ciri
Organisasi Modern
•
Organisasi bertambah besar
Ditandai dengan semakin banyaknya
anggota baik pasif maupun aktif.
•
Pengolahan data semakin cepat
Semakin baik sistem manajeman dalam
organisasi tersebut maka semakin cepat pengolahan data organisasi tersebut.
•
Penggunaan staf lebih intensif
Semakin banyaknya anggota yang aktif,
maka diperlukan sistem koordiansi dan manajerial yang baik untuk mengolah dan
memanfaatkan sumber daya yang ada secara efisien dan efektif
•
Kecenderungan spesialisasi
Organisasi yang baik adalah organisasi
yang memiliki fokus terhadap tujuan yang ingin dicapainya. Tentunya disertai
visi, dan misi yang disepakati bersama. Hal ini dapat didasari dengan adanya
spesialisasi terhadap jenis dari organisasi dibentuk.
•
Adanya prinsip-prinsip atau azas- azas
organisasi
Sebagai pedoman dalam mengambil setiap
keputusan dalam organisasi, maka perlu ditentukan prinsip dan azas dari
organisasi tersebut agar segala keputusan yang hendak diambil tidak melenceng
dari prinsip dan azas yang sudah ada.
·
Unsur – unsur organisasi lebih lengkap
Organisasi yang baik memiliki susunan
kelembagaan yang tertata lengkap disertai gugus fungsi masing –masing lembaga.
2.2 Unsur – unsur Organisasi
Berikut
adalah unsur – unsur organisasi yang dibutuhkan dalam memulai sebuah
organisasi:
•
Manusia ( Man )
•
Kerjasama
•
Tujuan Bersama
•
Peralatan ( Equipment)
•
Lingkungan alam
•
Kekayaan
•
Kerangka/ Konstruksi Mental Organisasi
2.3 Teori Organisasi
Ada
tiga buah teori organisasi yang dapat digunakan dalam mendalami sistem
organisasi, yaitu teori organisasi klasik, teori neo klasik, dan teori
organisasi modern.
2.3.1 Teori Organisasi Klasik
a. Teori Birokrasi
Teori ini dikemukakan oleh Max Weber
dalam bukunya “ The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism “. Kata birokrasi
mula-mula berasal dari legal-rasional. Organisasi itu legal, karena wewenangnya
berasal dari seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara
jelas, dan prganisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan
perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.
b. Teori Administrasi
Teori ini sebagian besar dikembangkan
atas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan
Reily dari Amerika. Henry Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun
1841-1925 mengemukakan dan membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar
perkembangan teori administrasi adalah :
- pembagian kerja
( division of work )
- wewenang dan
tanggung jawab
- Disiplin’keastuan
perintah
- Kesatuan
pengarahn
- Mendahulukan
kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
- Balas jasa
- Sentralisasi
- Rantai skalar
- Aturan
- Keadilan
- Kelanggengan
anggota personalia
- Inisiatif
-
Semangat Korps
c. Manajemen Ilmiah
Perlu adanya proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber
serta waktu sebagai faktor – faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan
demi tercapainya tujuan.
2.3.2 Teori Neo Klasik ( Teori Hubungan atau
Manusiawi )
Menekankan
pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan / anggota aktif organisasi
2.3.3 Teori Organisasi Modern
Semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan & saling ketergantungan
BAB III
KESIMPULAN
Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu
orang- orang, kerjasama dan tujuan
bersama-sama . Ketiga ketiga
unsur tersebut saling berhubungan
dan merupakan satu kesatuan. Dari berbagai macam teori organisasi yang
dikemukakan oleh para ahli, tiada
satupun yang memiliki kebenaran mutlak.
Antara berbagai macam teori organisasi tersebut saling isi dan saling melengkapi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar